15-23 Juli 2014, Monitoring dan Evaluasi Sistem Informasi Desa di Kebumen

Penerapan Sistem Informasi Desa yang dilakukan COMBINE Resource Institution bekerjasama dengan Formasi Kebumen yang dimulai pada pertengahan tahun 2013 untuk 10 desa di Kabupaten Kebumen diharapkan mampu menghasilkan data dan informasi yang akurat untuk merencanakan wilayahnya ke depan. Hal ini pun menjadi kebutuhan yang nyata bagi desa atau kabupten dalam meningkatkan kesejahteraan warganya.

Pada Bulan April 2014 terjadi konvergensi media digital dalam bentuk saluran diseminasi. Sistem Informasi Desa yang tadinya hanya bisa diakses di kantor kepala desa, kini telah bisa diakses melalui Wide Area Network. Hal ini terjadi akibat advokasi Forum Masyarakat Sipil kepada Pemerintah Kabupaten. Hasilnya adalah Peluncuran Sistem Informasi Desa secara online di Kabupaten Kebumen dilakukan pada Bulan Mei 2014 di pendopo bupati.

Perubahan signifikan yang terlihat adalah adanya arus keterbukaan informasi dari level desa yang cukup signifikan terkait dengan keterbukaan informasi publik, informasi atau berita tentang desa dapat tersebar luas secara global. Pendokumentasian secara digital harus diiringi dengan penambahan keterampilan untuk pengolahan dan visualisasi data untuk perencanaan pembangunan tanpa harus menggeser media yang sudah ada di desa.

Kebutuhan data atau regulasi sektoral terkait perencanaan pembangunan menjadi salah satu bagian dari kelayakan pengajuan perencanaan pembangunan, untuk itu perlu adanya suatu mekanisme keterbukaan semua pihak untuk saling berbagi informasi demi kemajuan pembangunan kawasan.

Tujuan akhir dari kegiatan ini adalah terbukanya informasi dua arah antara pemerintah desa dan Pemerintah kabupaten terkait Perencanaan Pembangunan Desa hingga Kabupaten, mengetahui siklus penyusunan Rencana Kerja Desa hingga Kabupaten secara tahunan atau kurun waktu tertentu, terbangunnya alur komunikasi data desa, kecamatan dan kabupaten untuk input Supra Desa serta penyiapan untuk Workshop tentang OPENDATA dalam pengembangan Sistem SUPRADESA.

Kegiatan ini akan dilaksanakan dua tahap :

  1. Tahap Pertama 15 s/d 18 Juli 2014 Fokus pencarian data di level desa (Desa Percontohan Kabupaten Kebumen)

  2. Tahap Kedua 21 s/d 23 Juli 2014 fokus pencarian data pada level kabupaten (SKPD Dispora, Distanak, dishubkominfo dan BAPPEDA beserta UPT Teknisnya jika ada)

Kegiatan ini melibatkan tim pengelola SID di 10 desa di Kebumen, tim delegasi kecamatan, serta perwakilan dari SKPD : Dispora, Distanak, Dishubkominfo dan Bappeda. Kegiatan ini akan difasilitasi oleh :

  1. Irman Ariadi, Koordinator Program

  2. Badrudin, Staf COMBINE

  3. Staff Litbang COMBINE

  4. Fuad, Staff Formasi

You may also like...