14-15 Mei : Mini Workshop Program Suara Komunitas

 

Portal suarakomunitas.net sudah berjalan 6 tahun,  sejak di aktifkan pertengahan 2008 di URL //suarakomunitas.wordpress.com yang beranggotakan sekitar 25 kontributor dari wilayah Jawa. Kemudian di tahun 2009 alamat suara komunitas menjadi http://suarakomunitas.net . Berdasarkan data suarakomunitas sampai bulan maret 2013 jumlah Kontributor sebanyak 665 kontributor yang tersebar di 24 provinsi dan kota dengan jumlah pengunjung yang masuk 163.788 pengunjung. Sedangkan jumlah konten yang sudah terupload sampai maret 2013 berjumlah 13.315  dengan kategori isu seputar : perempuan 32 artikel (kategori ini baru ada pada Februari 2013), kesehatan 731 artikel, pendidikan 1348 artikel, layanan publik 1542 artikel, budaya 656 artikel, ekonomi 857 artikel, wisata 356 artikel, media komunitas 719 artikel, fasilitas publik 1024 artikel, produk komunitas 380 artikel, sosial 1980 artikel, hukum 854 artikel, kesenian 222 artikel, teknologi 248 artikel, olahraga 224 artikel, pembangunan 1180 artikel dan bencana 644 artikel. Dari sekian banyak isu yang paling sering dibaca adalah isu kesehatan dan pendidikan dengan jumlah pembaca rata-rata 300 pembaca, sementara isu olah raga, bencana serta teknologi paling sedikit dibaca; rata-rata 50 pembaca.

Website Suara Komunitas sebagai saluran informasi alternatif telah membuka peluang perubahan yang lebih cepat dan nyata di tingkat komunitas. Ada dual level perubahan yang dapat kita identifikasi yaitu ; level perilaku dan level lingkungan. Level perilaku berupa tumbuhnya kesadaran warga akan pentingnya informasi dan penyebarannya terlihat banyaknya tulisan yang diposting. Perubahan ini dapat dilihat dari penambahan jumlah kontributor dan artikel yang diposting di website Suara Komunitas; dimana konten-konten yang diposting bersumber dari laporan warga dan temuan para kontributor di lapangan. Level berikutnya adalah lingkungan yang didefinisikan sebagai adanya penyelesaian masalah-masalah yang terjadi di komunitas. Banyak artikel yang diposting di website Suara Komunitas dapat dikategorikan sebagai “masalah”. Masalah-masalah tersebut (baik dari laporan warga maupun temuan langsung kontributor di lapangan) setelah diposting kemudian disalurkan ke para pembuat kebijakan banyak memberikan pengaruh terhadap perubahan (perbaikan) kebijakan.

Peningkatan kualitas konten, strategi diseminasi dan penguatan jaringan kerja sama multi-stakeholder menjadi kunci efektifitas proses ini. Optimalisasi kanal-kanal diseminasi informasi juga berperan penting dalam menyebarkan dan menjaring simpati dan keinginan berpartisipasi dari publik luas sehingga isu tersebut menjadi isu bersama. Yang tidak kalah penting adalah identifikasi dan penguatan jaringan multi-sektor. Kolaborasi dan partisipasi menjadi poin penting dalam proses-proses di atas.

Untuk itu perlunya pembahasan bersama kontribor, editor, pengurus redaksi suara komunitas dan jaringan lainya untuk merefleksikan strategi konvergensi terhadap konten dan dinamika portal suara komunitas selama ini. Diskusi dan sharing pengalaman tersebut nantinya diharapkan bisa menambah pengetahuan para pewarta warga untuk menambah rangkaian strategi dalam melakukan gerakan yang lebih efektif, efisien, dan tepat sasaran.

Tujuan :

  1. Membangun Pemahaman untuk Mendorong kualitas konten dan efektifitas suarakomunitas dalam Perubahan Sosial
  2. Perluasan dan pelibatan jaringan suarakomunitas untuk mendorong penyebarluasan konten kepada pihak yang berpotensi dalam mendorong perubahan sosial yang lebih baik
  3. Replikasi kompetensi jaringan Suara Komunitas untuk berjejaring dan mendorong penyelesaian masalah melalui media komunitas
  4. Saling bertukar pengalaman dalam mengangkat isu komunitas, berjejaring dengan multi-aktor, dan mendorong peyelesaian masalah

 

Peserta :

  1. Editor wilayah yang optimal dalam mengembangkan Suara Komunitas.
  2. Jaringan Suara KomunitasWaktu  dan Tempat Pelaksanaan:Waktu     : Senin – Selasa, 14 – 15 Mei 2013

    Jam     : 09.00 – selesai

    Tempat/Ruang : Sanggar MeTik COMBINE Yogyakarta

You may also like...

Leave a Reply