13-17/09/2012 Temu Nasional Pewarta Suara Komunitas

Semenjak portal Suara Komunitas di http://www.suarakomunitas.net didirikan oleh beberapa pegiat media komunitas di Yogyakarta pada tahun 2008, hingga saat ini jumlah kontributor yang tergabung telah mencapai 341 kontributor yang masih terdaftar di Suara Komunitas. Para kontributor tersebut berasal dari 287 radio komunitas, 7 LSM, 6 Media Cetak lokal, 12 Kelompok Kegiatan, dan 17 dari kelompok televisi komunitas, video komunitas, blogger, dan lain lain.

Jumlah kontentyang terupload dalam portal http://suarakomunitas.net sepanjang tahun 2011 mencapai 3420, meningkat 24.91% dibandingkan tahun 2010 yang mencapai 2.738 konten. Dengan demikian, rata-rata konten terunggah per hari mencapai 9,37 dibanding tahun 2010 dengan rata-rata konten per hari 7,5 tulisan.

Suara komunitas adalah kelompok gerakan pewartawarga yang pada tahun 2010 fokus pada pengorganisasian informasi dan aksi/tindakan untuk mendorong terjadinya perubahan atas informasi yang berasal dari akar rumput. Sedangkan pada tahun berikutnya, 2011, Suara komunitas mencoba berperan tidak hanya pada soal pengorganisasian informasi, namun juga pengembangan jaringan antara pewarta dengan para pemangku kepentingan lain ditingkat lokal, untuk memperkuat sekaligus mempercepat proses terwujudnya perubahan di wilayah pewarta suara komunitas itu sendiri.

Pada tahun 2010, suara akar rumput yang diangkat oleh pewarta pada suara komunitas disebarluaskan melalui berbagai media (website, social media, audio, video, dll) dan secara langsung melibatkan pemangku kepentingan lokal dan media lokal. Sedangkan pada tahun 2011, cara tersebut masih dipertahankan, dengan penambahan strategi penguatan jaringan kerjasama pengelolaan isu bersama pemangku kepentingan tersebut. Pewarta warga bersama editor wilayah, tidak hanya menyebarluaskan informasi yang ditulis, namun juga mendorong para pihak untuk membantu memberikan advokasi atas kepentingan kelompok marginal yang diangkat oleh pewarta tersebut.

Struktur pada Suara Komunitas terdiri dari Pemimpin Umum dan Pemimpin Redaksi yang dipilih setiap 2 tahun sekali pada level nasional. Pemimpin Umum bertugas pada soal pengelolaan organisasi Suara Komunitas, sedangkan Pemimpin Redaksi bertugas pada pengawalan isu serta tugas keredaksian pada para kontributor. Pemimpin Umum dan Pemimpin Redaksi dibantu oleh sejumlah Editor Wilayah yang juga merangkap sebagai Koordinator Wilayah yang terbagi dalam 40 Wilayah/Group di 18 Propinsi se Indonesia. Masing-masing Editor Wilayah/Koordinator membawahi sejumlah pewarta di wilayah masing-masing. Temu nasional suara komunitas, terakhir diselenggarakan pada tanggal 31 Maret 2011, di Cirebon, Jawa Barat.

Setelah 4 tahun berdiri, berkembang dan berjejaring dengan beragam media komunitas di Indonesia, bagaimana sebaiknya gerakan pewarta warga berbasis media komunitas ini agar terus bergulir?. Untuk menjawab pertanyaan ini, para kontributor Suara Komunitas berikut beragam jaringan pendukung lainnya, berencana berkumpul dalam forum ”Temu Nasional Pewarta Suara Komunitas” yang diselenggarakan di Yogyakarta.

Pelaksanaan :

Hari/tanggal : Kamis – Senin, 13 – 17 September 2012

Tempat/Lokasi : Sanggar MeTIK CRI

Waktu : 09.00 – 17.00 WIB setiap harinya

Selengkapnya klik : http://gerilyawan.suarakomunitas.net

You may also like...

1 Response

  1. zonamadina says:

    mantab.. baru terbuka mengenai Rakom dan turunannya. saluut :)

Leave a Reply