COMBINE Ikuti Camp Sambel 2 di Malaysia

COMBINE Resource Institution (CRI) ikuti kemah pegiat gambar bergerak antarbangsa Camp Sambel 2 yang diselenggarakan oleh Engage Media. Acara ini berlangsung pada 19-23 Februari 2012 di Eagle Ranch Resort, Port Dickson, Negeri Sembilan, Malaysia. Ada dua delegasi COMBINE di acara itu, yaitu Yossy Suparyo (Koordinator Manajemen Pengetahuan) dan Novi Erisa (Koordinator Teknologi Informasi dan Komunikasi).

Camp Sambel 2 merupakan kelanjutan acara serupa, yaitu Camp Sambel 1 yang diadakan di Pasuruan, Jawa Timur pada 2010. Acara kemah kali ini diikuti oleh 80 peserta dari negara-negara di Asia Tenggara, seperti Indonesia, Malaysia, Timor Leste, dan Thailand. Selama Camp Sambel, peserta mengikuti lokakarya, diskusi, dan penayangan film dan video.

Selama acara, Yossy Suparyo, Koordinator Manajemen Pengetahuan COMBINE diminta menjadi narasumber dalam sesi media wiki, Open Source Matter, Video Editing dengan Kdenlive, dan Kebijakan Sensor. COMBINE sendiri telah memanfaatkan media wiki untuk dukungan pengetahuan di Pusat Sumber Daya Media Komunitas.

Engage Media merupakan organisasi yang bergerak di dunia video advokasi pada isu hak asasi manusia, lingkungan, dan kebebasan berekspresi di Asia Pasifik. Camp Sambel merupakan salah satu kegiatan Engage Media untuk pertukaran gagasan antarpegiat gambar bergerak yang rutin dilakukan setiap dua tahunan.

Kegiatan dimulai pada pukul 09.00 dan diakhiri pada pukul 22.00. Meski acara resmi telah usai, para peserta melakukan pertemua-pertemuan informal yang membangun kesepahaman dan jaringan kerja di kemudian hari. Ada sejumlah isu krusial yang diusung yaitu pelanggaran hak asasi, tata kelola lingkungan, video musik, pengentasan warga dari kemiskinan, LGBT, pengembangan teknologi berbasis open source, dan penyensoran.

You may also like...

Leave a Reply