BERITA

Ribuan Blogger Hadiri Kopdar Blogger Nusantara

Dibaca 3 Menit

Ribuan blogger dari penjuru nusantara datang ke Sidoarjo, Jawa Timur, untuk mengikuti acara Kopdar (kopi darat) Blogger Nusantara. Acara yang baru diadakan pertama kali pada tahun ini dan berlangsung selama tiga hari itu berhasil menyedot animo peserta yang datang baik sendiri-sendiri maupun secara berkelompok.

Dalam data tertulis yang disebar oleh panitia, tercatat ada 1.000 blogger lebih yang datang. Tapi banyak juga yang tidak mencantumkan namanya di kertas presensi. “Kalau ditotal, bisa sampai 1.300-an blogger yang datang,” kata Antok Suryaden, Ketua Panitia Pengarah, Minggu (30/10).

Suryaden berpendapat, acara-acara kopi darat (kopdar) para blogger yang biasanya nonformal mengakibatkan banyak peserta merasa tidak perlu menulis daftar hadir.

Selama tiga hari kopdar, Jumat-Minggu (28-30/10) peserta menginap di GOR Delta Sidoarjo. Sebelumnya panitia hendak menyiapkan hotel atau penginapan yang bisa menampung para peserta. “Tapi kami punya konsep untuk saling mendekatkan antara blogger dan komunitas blogger yang hadir,” kata Suryaden lagi.

“Akhirnya kami sulap GOR menjadi penginapan peserta. Tinggal menambahi kasur-kasur kecil dan bantal, serta membuat kamar mandi buatan. Layaknya pengungsi bencana alam.”

Tujuannya selain untuk mendapatkan aroma persaudaraan yang kental, juga untuk menciptakan empati para peserta terhadap para korban bencana alam di beberapa tempat di Indonesia beberapa waktu lalu.

Selain sebagai ajang temu akrab antara blogger seluruh Indonesia, Kopdar Blogger Nusantara yang mengusung tema “I am Blogger Nusantara” ini menjadi persiapan untuk membuat organisasi resmi yang mewadahi para blogger, baik yang monetize (blogger yang menghasilkan uang) maupun yang non-monetize (tidak menghasilkan uang).

“Karena selama ini belum ada organisasi para blogger secara resmi di Indonesia. Acara ini dan kelak organisasi Blogger Nusantara akan menjadi wadah bagi para blogger Indonesia untuk yang pertama kali,” kata Abdul Ghofur, salah satu penggagas Kopdar Blogger Nusantara yang merangkap anggota panitia pengarah, Jumat (28/10).

Kopdar Blogger Nusantara juga bertujuan untuk membuka cakrawala pandang para blogger tentang aneka pemanfaatan media blog. Mulai dari hanya sekadar hobi sampai dapat menghasilkan uang lewat blog. Bahkan bagaimana memanfaatkan blog dari yang dulunya hanya untuk mencari teman sampai untuk keperluan kemanusiaan seperti membantu korban bencana alam atau orang yang sedang dirundung musibah.

Pada sesi pemanfaat blog untuk pemanfaatan teknologi dan keuntungan finansial, panitia menyuguhkan materi-materi yang disampaikan oleh Kika Syafii, seorang pengusaha dan pengembang web yang telah capai sukses; Penn-Olson, sebuah lembaga yang bergerak di bidang teknologi internet dan cerita-cerita lewat blog yang berfokus pada isu-isu di Asia; East Ventures, lembaga pelayan perusahaan yang bergerak di bidang teknologi dan mempromosikan pengembangan industri teknologi informatika di Indonesia; IDBYTE, penyelenggara lokakarya, pameran, dan konferensi tentang topik-topik terpanas di industri digital; blibli.com, toko online yang bermarkas di Jakarta; serta Google, mesin pencari sekaligus lembaga pengembang industri teknologi dan informatika terbesar di dunia. Selain menjadi pemateri mereka juga sekaligus mensponsori Kopdar Blogger Nusantara Ini.

Pada bagian pemanfaatan blog untuk sarana kemanusiaan dan pengembangan media sosial berbasis komunitas, panitia menghadirkan gerakan @Blood4Life, sebuah gerakan sosial media untuk membantu pemenuhan donor darah; suarakomunitas.net, portal berita yang berasal dari kegiatan jurnalisme warga dari seluruh Indonesia; dan kambingetawa.org, pusat informasi tentang kambing etawa yang digawangi para peternak kambing etawa.

Saat mateti-materi itu, para peserta mengikutinya dengan penuh perhatian di ruang pertemuan Hotel Sun City, Sidoarjo. Tak jauh dari tempat inap para peserta. Baru bila menginjak waktu malam, para peserta menghabiskan acara di GOR Delta sebagai markas besar kegiatan. Pada malam-malam itu, mereka yang tergabung dalam aneka komunitas saling adu cerita dan kegiatan masing-masing. Seperti kisah yang dibawakan oleh Harie, Ketua Komunitas Blogger Kayuhbaimbai, Kalimantan Selatan, yang menyampaikan bahwa komunitas mereka, selain melakukan kopi darat rutin, juga telah beranjak pada kegiatan jurnalisme warga baik yang dilakukan oleh anggota komunitas mereka atau warga yang didorong oleh Blogger Kayuhbaimbai. Hasil-hasil jurnalisme warga mereka, yang sementara ini masih pada tataran jurnalisme opini, lantas diunggah ke web kayuhbaimbai.org.

Pada hari terakhir, Minggu (30/10), acara diisi dengan cerita-cerita tentang segala persiapan Kopdar Blogger Nusantara yang terbilang besar tapi cuma diusung oleh beberapa gelintir orang saja. Abdul Ghofur mengaku, kegiatan yang ia lempar gagasannya ini sebelumnya tidak masuk akal. “Hanya orang-orang gila yang mau mengadakan acara besar seperti ini. Dan hanya orang-orang gila juga yang mau datang dalam acara ini,” katanya di atas panggung disambut tawa riuh para peserta. “Praktis persiapan acara ini hanya dua bulan setelah lebaran Idhul Fitri,” katanya lagi, Minggu (30/10). Pria yang disapa Gempur ini juga mengaku bila kopdar ini bisa terlaksana lantara mendapat banyak dukungan.

Selain sponsor tentunya juga ada Id Blog Network, sebuah lembaga penjejaring web dan blog di seluruh Indonesia yang menyokong kopdar dari awal. “Kami akan terus mendukung gerakan ini (blogger nusantara) terus karena kita juga yang memulai,” kata Mubarika Darmayanti, Direktur Bisnis idblognetwork.com, Minggu (30/10). Sederhana sekali alasan mengapa idblognetwork.com, sudi menyokong blogger nusantara. “Karena kami juga perlu sumbangsih para blogger. Kami punya jaringan perusahaan yang membutuhkan semacam advetorial (tulisan iklan). Blogger tampaknya bisa memenuhi kebutuhan tersebut. Tentunya para blogger bakal mendapat keuntungan,” tambah Mubarika lagi.

Usai menceritakan kisah-kisah terkait persiapan acara, panitia mengajak peserta untuk merencanakan gerakan Blogger Nusantara setelah selesainya kopdar ini. Para hadirin akhirnya sepakat untuk menunjuk para perwakilan daerah dan beberapa panitia pengarah dari Kopdar Blogger Nusantara menjadi tim formatur merancang dan mempersiapkan organisasi untuk para blogger se-Indonesia. “Kami belum punya bayangan. Menunggu obrolan dengan tim formatur saja bagaimana kelanjutannya,” kata Suryaden yang dipercaya menjadi salah satu tim formatur. Tapi yang jelas organisasi yang berdiri kelak, akan terbuka bagi para blogger. Sebelum penutupan acara, para peserta berteriak untuk meminta Kopdar Blogger Nusantara diadakan lagi tahun depan.

K.A

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *