Ornop Bicarakan Pemanfaatan TIK untuk Gerakan Sosial

Organisasi nonpemerintah (Ornop) di Indonesia membahas pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) untuk penanganan bencana, krisis, dan memengaruhi kebijakan publik dalam TechCampJKT di Jakarta pada 19-20 Mei 2011. Acara ini diselenggarakan oleh Kedutaan Amerika bekerjasama dengan USAID bertempat di @amerika, Pasicif Place lantai 3.

TechCampJKT merupakan ajang pertukaran gagasan dan pengalaman antar Ornop perihal pemanfaatan teknologi web 2.0. Dalam sambutannya, Marciel dari Kedutaan Amerika mengatakan Indonesia memiliki potensi besar dalam dunia TIK. Indonesia menempati peringkat dua pengguna sosial media di dunia. Ornop semestinya mampu memanfaatkan peluang ini untuk melakukan perubahan sosial.

Hal serupa dikatakan oleh Michael Jones, Technology Advokat Google. Google telah menyediakan sejumlah fasilitas data spasial untuk kegiatan pemetaan dan reaksi cepat bencana melalui Google Earth. Para pegiat ornop bisa mengembangkan aplikasi atau sistem terapan yang menggunakan fasilitas tersebut dengan API.

COMBINE Resource Institution berbagi pemanfaatan media komunitas, seperti radio komunitas, buletin, dan video untuk pengelolaan informasi masyarakat perdesaan. Melalui dukungan konvergensi media komunitas dan internet, antar pegiat komunitas saling bertukar informasi untuk memperluas jangkauan sebaran. (YS)

You may also like...

Leave a Reply