CRI Latih Wikipedia Berbahasa Daerah

Kegiatan Konvergensi Wikipedia dan radio komunitas

COMBINE Resource Institution (CRI) menggelar pengemasan ilmu pengetahuan dalam bahasa daerah yang diikuti oleh tiga organisasi mahasiswa daerah di Yogyakarta (30-31 Oktober 2010). Ketiga organisasi itu adalah Himpunan Mahasiswa Cilacap di Yogyakarta (Himacita), Keluarga Pelajar dan Mahasiswa Jawa Barat (KPM Jabar), dan Keluarga Pelajar dan Mahasiswa Kalimantan Selatan (KPM Kalsel).

Pelatihan ini merupakan lanjutan kegiatan konvergensi Wikipedia dan radio komunitas yang dimulai sejak Juli 2010. Menurut Koordinator Program Konvergensi Wikipedia dan Radio komunitas, Yossy Suparyo, Wikipedia merupakan portal ilmu pengetahuan yang dikerjakan secara keroyokan. Semua orang dapat menggunakannya maupun berperan serta untuk menambah konten. Portal ini sering menjadi rujukan bagi pelajar dan mahasiswa sehingga merebut dominasi pengetahuan yang sebelumnya dimiliki oleh lembaga pendidikan.

“Segala pengetahuan di Wikipedia didokumentasikan dan dapat diakes bebas oleh siapa saja. Orang-orang yang tidak dapat mengakses pendidikan, dalam Wikipedia mampu mendapatkan informasi yang ia butuhkan,” ujarnya.

Kini, Wikipedia telah memanfaatkan bahasa daerah sebagai bahasa pengantar ilmu pengatahuan. Ada Wikipedia yang berbahasa Banjar, Jawa, Aceh, Banyumas, dan Sunda. Pemanfaatan bahasa daerah menyebabkan ilmu pengetahuan akan semakin dekat dengan masyarakat kebanyakan. Kegiatan konvergensi ini mencoba menghadirkan ilmu pengetahuan di telinga pendengar radio komunitas di pelosok-pelosok desa.

“Mereka adalah kalangan masyarakat yang tidak mungkin mengakses wikipedia melalui internet,” tambah Yossy.

You may also like...

Leave a Reply