CRI Seriusi Manajemen Pengetahuan Organisasi Masyarakat Sipil

Diskusi Manajemen Pengetahuan di JMR 2010

COMBINE Resource Institution (CRI) tengah merumuskan penerapan manajemen pengetahuan (knowledge management) bagi organisasi masyarakat sipil. Manajemen pengetahuan mengubah seluruh data dan informasi menjadi pengetahuan yang melahirkan gerakan sosial.

Pengetahuan adalah sumber daya yang berharga bagi organisasi masyarakat sipil. Apabila pengetahuan yang terkelola dengan baik, organisasi masyarakat sipil akan memiliki sistem pendukung yang kuat dalam menjalankan misi organisasinya. Untuk pengembangan dukungan manajemen pengetahuan yang kuat, CRI menyelenggarakan lokalatih pengelolaan pengetahuan pada 24 Juli 2010 di Jogja Nasional Museum, Wirobrajan, Yogyakarta. Lokalatih ini difasilitasi oleh Idaman Andarmosoko (Pekerja Manajemen Pengetahuan), Akhmad Nasir (Direktur CRI), dan Shita Laksmi (Hivos Indonesia).

Organisasi masyarakat sipil harus merancang program kerja yang memungkinkan terjadinya proses pembelajaran, baik bagi lembaga pengelola maupun penerima program. Proses belajar yang baik akan melahirkan inovasi dalam perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian program kerja. Kegiatan ini diikuti oleh para pegiat lembaga penyiaran komunitas, organisasi nonpemerintah (ornop), akademisi, dan para pustakawan. [YS]

You may also like...